Tips agar Travelling Hemat Namun Tetap Menyenangkan

0

Tips agar Travelling Hemat Namun TeTap Menyenangkan – Siapapun senang melakukan perjalanan atau travelling, baik itu dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Namun setiap travelling yang dilakukan memang biasanya akan menguras isi kantong. Karena itu, ada baiknya sebelum melakukan perjalanan, Anda menyisihkan uang dengan menabung terlebih dahulu beberapa bulan sebelumnya.

Baca juga artikel lain di : https://anekayess-online.com/

Memang lain halnya jika Anda memiliki cukup uang dengan sejumlah cadangannya yang bisa diambil kapan saja. Lantas bagaimana jadinya jika seseorang yang minim dana, namun tetap meninginkan sebuah perjalanan. Karena bagaimanapun juga, melakukan travelling memang akan memberikan banyak kesenangan yang tentunya diinginkan oleh banyak orang.

Tapi Sebaiknya Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini, ada beberapa tips yang bisa Anda coba agar travelling hemat namun tetap memberikan pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan. berikut tips travelling hemat tapi tetap menyenangkan:

  1. Buat Perencanaan;
  2. Transportasi;
  3. Backpacker-an. (Lupakan Tour Guide);
  4. Akomodasi;
  5. Hindari Peak Season dan High Season;
  6. Bawa barang secukupnya.

Tips Travelling Hemat

Buat Perencanaan

Ada baiknya Anda membuat rencana perjalanan sebelum perjalanan tersebut dilakukan. Tentukan tujuan, kemudian cari tahu informasi sebanyak mungkin agar memudahkan Anda selama melakukan perjalanan. Kalkukasikan perkiraan biaya yang akan dihabiskan agar bisa sampai ke tempat tersebut sampai tiket pulang kembali ke rumah.

Buat beberapa rencana, jika rencana yang pertama gagal, sebaiknya Anda siap dengan rencana kedua dan seterusnya. 

Transportasi

Pilihan sarana transportasi saat ini juga sudah sangat banyak dan beragam. Agar travelling hemat, baiknya Anda memilih jasa transportasi umum dengan harga yang tidak terlalu mahal. Kalaupun harus menggunakan pesawat terbang, Anda bisa memilih jasa penjual tiket murah yang melayani pembelian secara online dan bisa dipesan beberapa bulan sebelum perjalanan dilakukan.

Lupakan Tour Guide

Meskipun Anda tidak mengenal daerah wisata yang akan Anda tuju, sebaiknya Anda lupakan jasa tour guide yang biasa mematok harga cukup tinggi. Hemat uang Anda dan gunakan dengan baik petunjuk GPS yang sudah Anda unduh di smartphone yang Anda bawa. Melengkapi informasi yang Anda butuhkan juga bisa didapatkan secara gratis di berbagai situs yang bisa Anda cari secara online.

Tidak ada salahnya juga untuk memahami bahasa sekitar kawasan wisata yang akan Anda kunjungi, tujuannya agar Anda bisa bertanya dengan mudah pada penduduk setempat.

Akomodasi

Berlibur dan melakukan perjalanan identik dengan hal-hal yang menyenangkan. Beberapa traveller menolak untuk tidur di hostel. Padahal agar travelling hemat, maka Anda harus melakukan beberapa trik, seperti memilih hostel atau kamar kost yang disewakan secara harian dengan harga yang cukup murah.

Sebaiknya juga Anda tidak memilih penginapan yang lokasinya berdekatan dengan kawasan wisata. Karena biasanya harga untuk penginapan paling sederhana sekalipun, akan memasang harga yang cukup tinggi. Pilih saja tempat menginap yang lokasinya sedikit lebih jauh sekitar beberapa kilometer. Jika Anda cukup beruntung, bisa saja memanfaatkan rumah penduduk atau teman untuk menginap secara gratis.

Hindari Peak Season dan High Season

Saat musim liburan tiba, semua biaya akan jauh lebih membengkak. Karena itu, sebaiknya hindari peak season dan high season agar travelling hemat. Belum lagi ramainya tempat wisata yang akan dituju hanya akan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman dan menyenangkan. Terlebih bila perjalanan dilakukan dengan membawa anggota keluarga dan terdapat anak kecil atau bayi di dalamnya.

Musim Liburan atau peak season biasanya ada diakhir hingga awal pergantian tahun, dimana libur perayaaan Natal bersamaan dengan libur pergantian tahun baru, merupakan momen dimana hampir semua orang berniat melakukan perjalanan wisata. Kemudian waktu liburan sekolah anak yang biasanya ada di pertengahan tahun atau sekitar bulan Juni hingga Juli termasuk ke dalam high season.

Bulan Agustus juga masih termasuk high season karena pada bulan tersebut biasanya datangnya para wisatawan luar negeri ke beberapa wilayah di Indonesia. Sehingga harga-harga tiket transportasi dan juga akomodasi masih terhitung cukup tinggi. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan rencana travelling hemat yang akan Anda pilih.

Bawa barang secukupnya

Sebaiknya tidak membawa barang terlalu berlebihan, hal ini tentunya juga berguna agar bagasi di pesawat tidak terkena biaya tambahan. Bawa alat mandi dalam ukuran mini dan bisa diselipkan dengan mudah di dalam tas yang Anda bawa. Kenapa Anda harus membawa alat mandi? Hal ini dibutuhkan karena bisa jadi di hostel yang akan Anda pilih nanti tidak menyertakan alat mandi sebagai complimentnya.

Kemudian jangan lupa juga untuk membawa botol atau tumbler minum isi ulang. Tidak bisa dipungkiri bahwa melakukan perjalanan biasanya akan mendatangkan rasa haus dan lelah. Agar travelling hemat, usahakan Anda mengisi ulang botol yang Anda bawa dengan air minum yang disediakan oleh hostel tempat Anda menginap.

Itulah beberapa tips agar travelling hemat yang bisa Anda lakukan. Tips ini berlaku untuk semua jenis perjalanan termasuk ketika memutuskan membawa seluruh anggota keluarga. Sehingga, ketika perjalanan dan liburan berakhir tidak akan membuat Anda kehilangan banyak uang.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.