Tips Bikin Password Agar Tidak Mudah Dibobol

0

Seringkali seseorang menggunakan password yang gampang untuk akun mereka. Padahal hal tersebut dapat memudahkan hacker untuk meretas akun kamu. Hacker memiliki 1001 cara untuk bisa menebak password calon korbannya.

Hal tersebut tentu mengharuskan para pemilik akun untuk lebih sadar akan keamanan akun yang bersifat rahasia. Apalagi kamu yang memiliki banyak akun media sosial dan akun-akun lainnya.

Tips Bikin Password Yang Aman

Berikut ini tips bikin password yang harus kamu perhatikan agar akun kamu aman dari target hacker:

  1. Gunakan minimal delapan karakter.
  2. Hindari nomor yang berurutan.
  3. Kombinasikan kata, angka, dan simbol.
  4. Gunakan password berbeda untuk setiap akun.
  5. Jangan pernah gunakan data personal.
  6. Hindari password dengan kata yang pasaran.
  7. Jangan menggunakan bahasa Inggris.
  8. Jangan memakai nama kerabat dekat.

Gunakan Minimal Delapan Karakter

Biasanya semakin panjang password akan semakin sulit untuk diretas. Gunakanlah password dengan minimal delapan karakter, atau maksimal 12 karakter. Akan tetapi, jangan menggunakan password yang terlalu panjang juga, takutnya kamu sendiri lupa akan password yang digunakan.

Hindari Nomor yang Berurutan

Password yang menyertakan nomor berurutan lebih rentan untuk terkena hack, misalkan 12345 atau 654321. Jika ingin menggunakan angka, pilihlah secara acak agar password kamu tidak gampang dibobol. Jika takut lupa dengan password yang digunakan, catatlah password yang kamu gunakan. Namun, jangan sampai orang lain mengetahui password kamu, ya.

Kombinasikan Kata, Angka, dan Simbol

Walau terkesan norak, menggunakan password dengan tiga kombinasi ini menjadi cara yang paling tepat untuk mengamankan akun kamu. Hacker akan sulit membobol akun dengan password yang mengandung tiga unsur ini. Sebab, mesin enkripsi pun membutuhkan waktu 227 juta tahun untuk bisa memecahkan password jenis ini.

Gunakan Password Berbeda Untuk Setiap Akun

Di era serba digital ini setiap orang pasti memiliki lebih dari satu akun. Oleh karena itu, jangan menggunakan password yang sama untuk masing-masing akun yang kamu miliki. Dengan password yang berbeda-beda, hacker agaknya akan kesulitan untuk mencuri data dari si pemilik akun yang akan dia retas.

Untuk memanage password yang berbeda disetiap akun dan website, kamu bisa menggunakan program manajemen password seperti Lastpass, Roboform, PassCamp, dan sebagainya. Selain membantu menyimpan passsword kamu baik di PC, laptop dan handphone. Aplikasi ini juga dapat membantu kamu membuat password kompleks dengan sekali klik.

Jangan Pernah Gunakan Data Personal

Walaupun mudah untuk diingat, password dengan data personal akan sangat mudah untuk diretas. Kamu tentu tidak pernah tahu kan siapa yang akan meretas akun kamu nanti, kan? Biasanya hacker akan menelusuri terlebih dulu latar belakang calon korbannya sebelum membobol akun mereka. Seorang hacker memiliki cara tersendiri yang tidak terpikirkan oleh kita.

Hindari Password Dengan Kata yang Pasaran

Sebaiknya hindari menggunakan password dengan kata sandi yang sering digunakan atau kata yang sudah umum di pasaran dan mudah ditebak. Jika kamu menggunakan password dengan karakter seperti itu, artinya kamu memberikan peluang yang besar bagi hacker untuk meretas akun kamu.

Apabila kamu pengguna WordPress, password yang biasa digunakan secara default adalah “admin”, karena itu jangan pernah pakai password dengan kata ini. Sebab para hacker bisa dengan mudah membacanya. Bualah password dengan kata yang lebih sulit.

Jangan Menggunakan Bahasa Inggris

Menggunakan kata sandi dengan bahasa Inggris belum tentu benar-benar aman, kok. Hacker memiliki cara untuk meneliti password akun seseorang dengan menggunakan metode Dictionary Attack, yang artinya ia akan dengan mudah untuk mencoba mengacak-acak kata yang bersumber dari kata berbahasa Inggris. Oleh karena itu, sebaiknya hindari membuat kata sandi dengan kata yang mengandung Bahasa Inggris, terlebih kata yang populer dipakai, seperti ILoveYou, IMissYou, Thankyou, dan lain-lain.

Jangan Memakai Nama Kerabat Dekat

Kebiasaan banyak orang adalah membuat password dengan menggunakan nama orang terdekat mereka, padahal hal terebut yang paling dilarang. Contohnya menggunakan nama orang tua, suami, istri, dan lain-lain. Jika orang yang meretas akunmu adalah orang yang dekat dengan lingkunganmu, bukan tidak mungkin jika mereka bisa dengan gampangnya membobol akunmu. Oleh karena itu, mulai saat ini berhenti menggunakan password  dengan nama orang terdekat ya.

Nah, itulah beberapa tips bikin password dari Aneka-Yess untuk kamu agar aman di era digital ini. Jika kamu memiki tips yang belum kami sebutkan, kamu bisa share di kolom komentar dibawah ini ya. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.